Senandung Pilu dari Galugua, Harga Semen Tembus Rp 90 Ribu per Sak

Senandung Pilu dari Galugua, Harga Semen Tembus Rp 90 Ribu per Sak

Uncategorized

Dibeberapa daerah di Sumbar, semen rata-rata dijual dengan harga  Rp60  ribu per sak. Tetapi di Nagari Galugua, harga semen malah cukup tinggi.

“Di sini  harga semen mencapai Rp 90 ribu per saknya,” jelas Anto warga Galugua ketika ditemuai Harianhaluan.com, Ahad lalu.

Begitu juga kata Walinagari Galugua, Zulfahmi, di Galugua harga Semen Padang berkisar Rp 85 ribu hingga Rp 90 ribu per saknya.

“Itupun dibawa dari luar Nagari Galugua. Tingganya harga semen disana, disebabkan akses transpostasi yang tidak memadai,” ujarnya.

Kondisi jalan yang masih  tanah dan bergelombang,  merupakan faktor jutama penyebab mahalnya harga bahan bangunan, khususnya semen. Belum lagi harus melewati hutan di lereng perbukitan,  sehingga menyulitnya kendaraan untuk masuk ke nagari yang berjarak sekitar 250 kilometer dari Kota Padang tersebut.

Dari Ibukota Kabupaten Limapuluh Kota di Sarilamak saja,  butuh waktu sekitar 4 jam perjalanan untuk sampai ke nagari paling ujung tersebut. Nagari Galugua  ditempati sekitar 10 ribu jiwa yang tersebar pada tujuh kejorongan.

Pantauan Harianhaluan.com, sepanjang 25 kilometer akses jalan sebelum sampai di ibukota Nagari Galugua, merupakan jalan yang terburuk untuk dilewati. Pendakian curam, licin berlumpur dan berbatuan sehingga menyulitkan untuk ditempuh.

Akibat buruknya akses jalan itu, tidak hanya harga semen  yang mahal. Melainkan harga material bangunan lainpun ikut mahal. Seperti batu bata yang dibawa dari Pangkalan ataupun Payakumbuh, harganya malah dua kali lipat dari harga normal lainnya.

Menurut warga, batu bata harganya  Rp1.200 sampai di Galugua. Harga lain seperti  BBM jenis  premium, tidak terlalu tinggi. Rata-rata pedagang setempat menjual berkisar Rp 12 ribu per liternya.  Sedangkan harga kebutuhan pokok masih normal.  (*)

Sumber : harianhaluan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *