Friday, October 19, 2018
Harga cabai di pasar raya Padang naik Rp6000/kilogram

Harga cabai di pasar raya Padang naik Rp6000/kilogram

Ekonomi & Bisnis
Harga cabai merah di Pasar Raya Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mengalami kenaikan hingga Rp6000/kilogram sejak empat hari terakhir.

“Kenaikan harga terjadi pada cabai dari daerah Jawa ataupun cabai yang dipasok dari Kerinci, Jambi,” kata salah seorang pedagang Rus (28), di Padang, Minggu.

Cabai Kerinci mengalami kenaikan sekitar enam ribu rupiah, dari harga awal Rp18.000 per kilogram, menjadi Rp24.000 per kilogram.

Sementara harga cabai yang dipasok dari Jawa meningkat sekitar empat ribu rupiah, dari harga awal Rp24.000 per kilogram, menjadi Rp28.000 per kilogram.

Sementara itucabai lokal yang biasanya dipasok dari Solok, dan Bukittinggi, tidak masuk sejak beberapa hari terakhir sehingga masih relatif tinggi.

Kepala Dinas Perdagangan Padang Endrizal menyebutkan pihaknya terus memantau perkembangan harga komoditas terutama kebutuhan pokok di pasar.

Intervensi pemerintah terhadap pasar akan dilakukan jika kenaikan atau penurunan harga mencapai sepuluh persen.

“Untuk cabai harga normalnya adalah Rp30.000 per kilogram, jika terjadi kenaikan atau penurunan harga sepuluh persen dari harga itu, baru pemerintah melakukan intervensi,” jelasnya.

Intervensi tersebut, lanjutnya, bisa dilakukan dengan operasi pasar, berkoordinasi dengan Badan Urusan Logistik (Bulog), atau instansi terkait lainnya.

Sementara itu harga bawang merah mengalami penurunan harga dalam dua pekan terakhir yang sempat mencapai Rp20.000-Rp22.000 per kilogram.

Saat ini bawang merah dijual seharga Rp18.000 per kilogram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *