Bupati Solok Ikut Dukung Jokowi-Ma’ruf, Dodi Hendra: Rakyat Lebih Tahu Harus Ikut Siapa!

Bupati Solok Ikut Dukung Jokowi-Ma’ruf, Dodi Hendra: Rakyat Lebih Tahu Harus Ikut Siapa!

Politik

Sikap politik Bupati Solok, Gusmal Dt Rajo Lelo yang mendukung pasangan calon presiden (Capres) petahana Joko Widodo-Ma’ruf ditanggapi santai oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Solok. Meski pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2015 lalu, Gusmal-Yulfadri diusung Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Kedua partai itu, kini menjadi koalisi utama pengusung pasangan Capres Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno, bersama Partai Amanat Nasional (PAN).

Wakil Ketua Bidang Organisasi Kader dan Keanggotaan (OKK) DPC Partai Gerindra Kabupaten Solok Dodi Hendra Dt Pandeka Sati menyatakan hal itu biasa saja. Sebab, menurutnya Jokowi sekarang adalah presiden. Sehingga wajar para kepala daerah mendukung. Namun, Dodi menegaskan bahwa hal itu tidak bisa langsung diartikan rakyat di wilayah mereka akan memilih Jokowi. Berbeda kalau yang mendukung itu adalah kader Partai Gerindra.

“Jika ada kader Partai Gerindra yang mendukung pasangan yang bukan diusung Partai Gerindra, maka akan ditindak tegas. Kalau kepala daerah yang bukan kader partai, itu adalah hak mereka secara pribadi,” tegasnya.

Meskipun Gusmal-Yulfadri diusung Partai Gerindra dan PKS, Sekretaris Pengurus Daerah (PD) Satuan Relawan Indonesia Raya (Satria) Sumbar tersebut mengingatkan, bahwa yang memilih presiden adalah rakyat. Bukan para kepala daerah. Menurutnya, rakyat saat ini sudah cerdas dalam berpolitik dan tahu calon mana yang terbaik.

“Kepala daerah pun dipilih rakyat. Yang merasakan kondisi langsung bangsa saat ini adalah rakyat, bukan kepala daerah. Jadi rakyat tentu tahu akan memilih siapa nantinya,” ungkapnya.

Ikut sertanya Bupati Solok Gusmal Dt Rajo Lelo sebagai pendukung Joko Widodo-Ma’ruf Amin, cukup mengejutkan. Di samping diusung Partai Gerindra dan PKS pada Pilkada 2015, anak kandung bupati yang menjalani periode kedua tersebut, Renaldo Gusmal, saat ini adalah Bendahara DPD Partai Amanat Nasional (PAN). Seperti diketahui, PAN juga termasuk salah satu partai pengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno.

Sebelumnya, sepuluh kepala daerah di Sumbar mendeklarasikan dukungan kepada terhadap pasangan petahana (incumbent) Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Hal itu ditegaskan enam kepala daerah di Lobi Hotel Inna Muara, Kota Padang, Selasa malam (18/9). Keenam kepala daerah tersebut adalah Walikota Solok Zul Elfian, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, Bupati Pasaman Yusuf Lubis, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin dan Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni. Sementara empat kepala daerah lain yang tidak hadir adalah Bupati Solok Gusmal Dt Rajo Lelo, Bupati Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet, dan Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias.

Sumber : patronnews.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *