7 Negara Ikuti Kontes Ikan Cupang di Padang 1

7 Negara Ikuti Kontes Ikan Cupang di Padang

Event
Kontes Ikan Cupang yang diselenggarakan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat diikuti oleh 7 negara. Kegiatan ini berlangsung sejak 7-9 September 2018 di Univesitas Bung Hatta, Padang.
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat, Yosmeri, mengatakan kegiatan bertajuk International Betta Show itu turut melibatkan Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Padang dan sejumlah komunitas ikan dan reptil.
Kontes tersebut diikuti 749 peserta, yang berasal dari Negara California, Singapura, Malaysia, Thailand, Taipei, Hongkong, dan Indonesia. Dari Indonesia sendiri meliputi Surabaya, Jakarta, Solo, Makassar, Pontianak, Medan, Lampung, Bengkulu. Sementara itu, khusus Sumatera Barat diikuti peserta dari Kota Payakumbuh, Solok, Pariaman, dan Kota Padang.
“Untuk kontes Ikan Cupang itu jurinya terdiri dari 9 orang, yaitu Singapura 3 orang, Indonesia 3 orang, Malaysia 2 orang, dan Jepang 1 orang,” katanya, Sabtu (8/9).
Ia menyebutkan, tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut untuk meningkatkan minat masyarakat, agar tertarik dengan Ikan Cupang. Sasarannya supaya masyarakat dapat melihat langsung kontes Ikan cupang Internasional, dan dapat menambah lapangan kerja di sektor ikan hias.
7 Negara Ikuti Kontes Ikan Cupang di Padang
“Besok merupakan penutupan acara, dan akan diumumkan Ikan Cupang dari negara dan daerah mana yang menang kontes,” ujarnya.
Selain adanya kontes Ikan Cupang, Internasional Betta Show juga turut dimeriahkan oleh lomba Stand Up Comedy yang bertema ikan, lomba mewarnai untuk anak SD, pameran komunitas reptil, pameran ikan predator, dan pameran ikan langka dari komonitas di Sumatera Barat.
Salah seorang masyarakat yang datang ke lokasi acara bersama keluarga, Rahmat, mengatakan acara tersebut turut memberikan edukasi kepada anak-anaknya, karena bisa menyaksikan sejumlah jenis ikan yang ada di kegiatan tersebut.
“Anak-anak sangat senang. Mereka bisa melihat langsung dan mengetahui informasi tentang ikan yang dilihatnya. Seperti Ikan Cupang yang begitu indah, dan pameran ikan langka juga sangat inspiratif,” sebutnya.
Sumber : kumparan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *