Friday, October 19, 2018
MTsN Pesisir Selatan wakil Sumbar pada lomba sekolah sehat nasional

MTsN Pesisir Selatan wakil Sumbar pada lomba sekolah sehat nasional

Berita Sumbar
Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Selatan, mewakili Provinsi Sumatera Barat pada ajang penilaian sekolah sehat tingkat nasional .

“Penilaian ini bukan tujuan akhir dari lomba sekolah sehat, karena tujuan perlombaannya ialah untuk memperkuat budaya hidup sehat bagi pelajar dan tenaga pengajar di lingkungan sekolah,” kata Ketua Tim Penilai, Agus Suharyanto di Painan, Senin.

Hal itu ia sampaikan saat melakukan penilaian MTsN 1 Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Selatan, Rabu.

Ia menambahkan, MTsN 1 Pesisir Selatan merupakan satu dari 96 sekolah di Indonesia yang mengikuti penilain tahun ini dengan rincian 23 sekolah setingkat TK sederajat, 24 sekolah setingkat SD sederajat, 25 sekolah setingkat SMP sederajat serta 24 sekolah setingkat SMA sederajat.

“Sekolah-sekolah tersebut berada di 50 kabupaten dan 29 kota pada 25 provinsi,” sebutnya.

Sementara tim penilai terdiri dari perwakilan empat kementerian yaitu agama, pendidikan, kesehatan dan dalam negeri.

Setelah dilakukan penilain selanjutnya data akan diolah dan pada minggu ke tiga Agustus 2018 dan dari pengolahan itu akan diketahui sekolah-sekolah mana saja yang masuk sebagai nominator.

Berikutnya tim kembali diterjunkan untuk memastikan bahwa data yang diolah benar-benar sesuai dengan keadaan di masin-masing sekolah.

“Sekitar September 2019 pemenang sekolah sehat tingkat nasional akan diumumkan di Jakarta,” sebutnya lagi.

Sementara itu, Kepala MTsN 1 Pesisir Selatan, Masni menyebutkan beberapa persiapan telah dilakukan menjelang penilain sekolah sehat tingkat nasional.

Beberapa diantaranya adalah membangun kantin sekolah, dan terus membangun budaya hidup sehat dilingkungan sekolah.

“Sementara yang lainnya kami hanya tinggal memantapkan saja seperti pengelolaan sampah, apotek hidup, ruang UKS dan lain sebagainya,” ucapnya.

MTsN Pesisir Selatan didirikan pada 1978, dan sejak 2012 hingga saat ini berbagai penghargaan disabet madrasah tersebut mulai Adiwiyata, Sekolah Sehat dan lainnya.

Khusus Adiwiyata madrasah tersebut juga akan mengikuti lomba tingkat nasional yang juga akan dilakukan penilainnya tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *