Singapura Tidak Tetapkan Target Medali untuk Asian Games 2018

Singapura Tidak Tetapkan Target Medali untuk Asian Games 2018

Olah Raga

Singapura tidak menetapkan target spesifik mengenai medali bagi para atletnya yang akan berlaga di Asian Games 2018 mendatang. Hal ini disampaikan Menteri Kebudayaan, Komunitas, dan Pemuda Singapura, Grace Fu, pada Minggu 29 Juli 2018 waktu setempat.

“Kami tidak punya target spesifik, tapi aku yakin setiap cabang olahraga akan tampil lepas dan akan benar-benar mengeluarkan kemampuannya yang terbaik untuk Singapura,” kata Fu sebagaimana dikutipĀ Channel News Asia.

Fu mengatakan itu setelah acara upacara pelepasan para atlet Singapura yang akan tampil di Asian Games, Asian Paragames, dan Youth Olympic Games. Fu yakin para atlet akan membuat rakyat Singapura bangga karena dia percaya para atlet telah berlatih keras dan pemerintah akan mendukung mereka dengan berbagai cara.

Ketua tim Singapura untuk Asian Games, Lee Wung Yew, menyatakan ada beberapa cabang olahraga yang diharapkan dapat memberikan medali pada negaranya. Tiga di antaranya adalah layar, boling, dan renang.

Lee, yang juga mantan atlet menembak Singapura untuk Asian Games tiga kali, menambahkan para pendukung Singapura dapat berharap adanya kejutan pada cabang olahraga lainnya. Hal itu termasuk di cabang olahraga yang baru pertama kali mereka ikuti. Beberapa cabang itu di antaranya adalah bridge, renang indah, ju jit-su, dan paralayang.

Pada Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, Singapura menempati peringkat ke-15 dengan meraih 5 emas, 6 perak, dan 14 perunggu. Posisi ini lebih baik dua tingkat dari Indonesia yang saat itu menempati peringkat ke-17 dengan 4 emas, 5 perak, 11 perunggu.

Singapura sendiri kini sedang mengalami perkembangan signifikan di cabang olahraga air seperti renang dan berlayar. Pada Asian Games 2014 misalnya, 4 dari 5 medali emas mereka diperoleh dari tiga cabang berlayar dan satu cabang renang yang dimenangkan oleh atlet muda unggulan mereka, Joseph Schooling. Ia juga mendapat medali emas Olimpiade Rio 2016 dengan mengalahkan sang langganan juara Michael Phelps pada nomor 100 meter gaya kupu-kupu.

Tiga tahun setelahnya, pada SEA Games 2017 di Malaysia, perenang dari Singapura meraih 19 emas. Dari total 188 medali yang mereka dapatkan di turnamen itu, Singapura mendapat 35 medali hanya dari renang dengan rincian 19 emas, 6 perak, dan 10 perunggu.

Sumber : asiangames.tempo.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *