Dampak Gelombang Tinggi di Pantai Pinus Kapuh Pessel

Dampak Gelombang Tinggi di Pantai Pinus Kapuh Pessel

Berita Sumbar

Gelombang tinggi yang terjadi semenjak beberapa hari lalu telah menumbangkan sejumlah pohon pinus di kawasan Pantai Pinus di Nagari Kapuh Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Tidak hanya menghantam dan mengikis bibir pantai, gelombang tinggi yang disertai pasang maksimum juga sampai ke daratan dan menyebabkan banjir rob.

Banjir rob di kawasan ini mulai terjadi sejak Rabu 25 Juli 2018 lalu dan hingga Senin 30 Juli 2018 gelombang tinggi masih terus terjadi.

“Gelombang tinggi sudah berangsur mengikis bibir pantai dan membuat pohon pinus di kawasan ini banyak yang tumbang,” sebut Ketua Pemuda Kapuh, Rival pada KLIKPOSITIF.

Dia menjelaskan, sejak 25 Juli 2018, sudah 10 kali hempasan ombak sampai ke lokasi tanaman Pinus. Ia menyebut, kejadian ini sangat berdampak buruk bagi lingkungan setempat.

Lanjutnya, dampak gelombang tinggi dan banjir rob tersebut sudah merusak ratusan perahu nelayan, dan 12 diantaranya tidak bisa digunakan lagi. “Belum lagi dua pondok masyarakat yang tidak bisa ditempati lagi,” terangnya.

Pihaknya berharap, kondisi tersebut bisa mendapat penanganan dari Pemda setempat. Sebab, semenjak banjir rob di daerah belum ada penanganan khusus dari pemerintah.

[Kiki Julnasri]

Oleh Iwan R

Sumber : news.m.klikpositif.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *