Danau Biru, Surga Tersembunyi di Sawahlunto 4

Danau Biru, Surga Tersembunyi di Sawahlunto

Wisata & Kuliner

Sawahlunto, dulunya daerah ini dikenal sebagai penghasil batubara yang cukup besar di Pulau Sumatera. Namun kini, Sawahlunto justru ramai di media sosial karena menyimpan keindahan alam yang enggak disangka-sangka. Yup, terletak di daerah Prambahan, 20 kilometer dari Kota Sawahlunto, kamu dapat menikmati pemandangan Danau Biru yang menawan.

Danau Biru, Surga Tersembunyi di Sawahlunto
Danau Biru menjadi perhatian warga dan wisatawan lokal karena kecantikan warna airnya yang sangat biru. Birunya air danau dikelilingi dengan jajaran tebing dan pepohonan hijau membentuk kolaborasi warna yang apik untuk dijadikan latar berfoto.
Danau Biru, Surga Tersembunyi di Sawahlunto 1
Danau Biru bisa dibilang “tak sengaja” terbentuk dari bekas galian tambang belasan tahun yang lalu. Area yang dulunya digali ini membentuk lubang berbentuk kuali yang terus terisi air dan lama-kelamaan menjadi genangan danau.
Danau Biru, Surga Tersembunyi di Sawahlunto 2
Lokasi yang pontensial sebagai tempat wisata ini memang masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat. Itu sebabnya, akses jalan menuju ke Danau Biru masih berbatu dan belum rapi.  Fasilitas pendukung seperti toilet atau fasilitas pengaman di sekitar danau juga belum memadai sehingga pengunjung harus lebih waspada saat berwisata ke Danau Biru ini.  Tapi, ini seharusnya enggak jadi penghalang buat kamu yang ingin berwisata alam anti mainstream di Sumatra Barat.
Danau Biru, Surga Tersembunyi di Sawahlunto 3
NET CJ RAHMA WENDRA
Sumber : netz.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *