Thursday, October 18, 2018
Material SIM kosong, Polres Pariaman keluarkan 1.379 SIM sementara

Material SIM kosong, Polres Pariaman keluarkan 1.379 SIM sementara

Berita Sumbar
Kepolisian Resor Kota Pariaman, Sumatera Barat, telah mengeluarkan 1.379 lembar Surat Izin Mengemudi (SIM) sementara kepada masyarakat karena material SIM sedang kosong.

“Kekosongan material SIM ini sudah terjadi sejak 25 Juni sehingga pemohon baru hanya bisa menerima SIM sementara sebagai pengganti,” kata Kasat Lantas Polres Pariaman, AKP Dwi Yulianto di Pariaman, Kamis.

Berdasarkan informasi yang diterima pihak kepolisian setempat, kekosongan material SIM tersebut diperkirakan hingga bulan Agustus 2018.

Pihaknya menjelaskan SIM sementara tersebut merupakan lembaran resmi yang dikeluarkan oleh Kepolisian Republik Indonesia sehingga berlaku di seluruh Tanah Air.

“Para pemohon SIM yang menggunakan surat keterangan sementara tidak perlu cemas apabila ada pemeriksaan surat-surat kendaraan oleh kepolisian, karena hal itu resmi dan berlaku,” katanya.

Ia menambahkan apabila ketersediaan material SIM sudah ada, maka aparat kepolisian setempat segera memberitahukan masyarakat termasuk memberdayakan personel Babinkamtibmas untuk mengganti SIM sementara tersebut.

Kekosongan material SIM tersebut ujar dia, tidak hanya terjadi di Kota Pariaman namun hampir semua daerah di Sumbar.

Pihaknya menilai tingkat animo masyarakat untuk sadar berlalu lintas di wilayah hukum Polres Pariaman terus meningkat dengan tingginya kepengurusan SIM.

Salah seorang pemohon SIM di Polres setempat, Ari (18) mengatakan baru mengetahui bahwa material SIM di Polres Pariaman kosong sejak 25 Juni 2018.

“Saya baru mengetahui kekosongan material SIM, namun berdasarkan informasi dan keterangan pihak kepolisian SIM sementara tersebut berlaku resmi sehingga menjadi solusi bagi masyarakat,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *