Thursday, October 18, 2018
Padang Pariaman kembangkan wisata olahraga di Batang Gasan

Padang Pariaman kembangkan wisata olahraga di Batang Gasan

Wisata & Kuliner
Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat mempersiapkan Pantai Arga Permai di Kecamatan Batang Gasan menjadi objek wisata yang memiliki konsep wisata olahraga atau “sport tourism”.

“Dipilihnya konsep tersebut karena ombaknya berpotensi untuk selancar atau ‘surfing’ bagi pemula,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Padang Pariaman, Jon Kenedi di Parit Malintang, Selasa.

Untuk pengembangan objek wisata tersebut, pihaknya telah mempersiapkan desainnya dan tahun ini telah mulai dilakukan pembangunan.

Diperkirakan anggaran yang dibutuhkan untuk menjadikan daerah itu sebagai objek wisata olahraga yaitu Rp25 miliar.

“Karena anggarannya besar maka pembangunannya dilakukan bertahap,” katanya.

Di objek wisata tersebut nantinya akan dibangun pedestrian untuk olahraga rekreasi yaitu wisatawan dapat bersepeda bersama keluarga di daerah itu.

“Jadi Pantai Arga Permai juga bisa menjadi wisata keluarga sambil menikmati alam di sana,” ujarnya.

Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Disparpora Padang Pariaman, Wiwiek Herawati mendorong pemerintah nagari menganggarkan dana untuk pengembangan Pantai Arga Permai.

“Jika pemerintah nagari memiliki perhatian lebih terhadap wisata maka pantai itu akan cepat selesai,” kata dia.

Wiwiek mengatakan dengan konsep pengembangan Pantai Arga Permai berbeda dari sejumlah objek wisata lainnya di daerah itu agar menjadi daya tarik tersendiri.

Sementara itu, Ketua Kelompok Sadar Wisata Pantai Arga Permai, Epo Yuliadi (28) mengatakan pantai tersebut sering dimanfaatkan wisatawan untuk berkemah di padang rumput yang berada dekat danau luapan Sungai Batang Gasan.

Selain digunakan untuk berkemah, pantai tersebut juga dimanfaatkan wisatawan untuk foto “pre-wedding” atau berfoto sebelum nikah di bunga di bawah cemara dan berselancar di muara.

Melihat potensi tersebut pihaknya berencana belajar berselancar agar nantinya bisa membuat paket wisata untuk ditawarkan kepada wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *