Terkait Limbah Medis Berbahaya, DPRD Sarankan Sanksi Tegas Bagi RSUD Sungai Dareh

Terkait Limbah Medis Berbahaya, DPRD Sarankan Sanksi Tegas Bagi RSUD Sungai Dareh

Berita Sumbar

Seakan menutup mata limbah medis RSUD Sungai Dareh yang diduga kuat sengaja diabaikan dalam pengelolaannya, mulai mendapat reaksi keras dari anggota DPRD Dharmasaraya.

Melaui Suardi Ayub, Ketua Komisi III, menjelaskan bahwa permasalahan limbah media RSUD ini, pihaknya sudah sering mengingatkan pada setiap rapat dengan pihak RSUD Sungai Dareh Kabupaten Dharmasraya.

“Kami merasa heran, setiap rapat dengan pihak RSUD Sungai Dareh, masalah limbah medis ini selalu kami ingatkan agar dapat mengelolanya sesuai aturan, sehingga limbah tersebut tidak berserakan dan memimbulkan bauk busuk bagi masyarakat setempat bahkan bagi pengunjung RSUD tersebut,” terang Suardi Ayub, saat ditemui sumbartoday.com, Selasa (9/7)

Ia juga menegaskan jika ini terus dibiarkan tentunya akan menimbulkan hal lain bagi masyarakat yang ada disekitar lokasi limbah medis tersebut.

“Tentunya sebagai DPRD kami hanya dapat mengingatkan dan tidak dapat memberikan sanksi kepada pihak RSUD, karena hal tesebut bukanlah menjadi kewenangan kami, namun kami akan terus mengingatkan dan mengkaji ulang keberadaan limbah medis yang mulai meresahkan ini,” jelasnya.

Sementara itu Wakil ketua DPRD Ampera Dt Labuan Basa, juga menyangkan pihak RSUD Sungai Dareh yang tidak profesional mengelola limbah medisnya.  Menurut Ampera seharusnya pihak harus mengacu kepasa SOP yang berlaku.

“Limbah medis ini jika dibiarkan terus menumpuk tanpa dikelola secara baik, Kami melihatnya pihak RSUD tidak melakukan pengelolaan limbahnya sesuai SOP, yang mana jika limbah ini diabaikan dan dibiarkan terus menumpuh tentunya akan menimbulkan penyakit bagi masyarakat sekitar, apalagi pengunjung RSUD tersebut. Sedangkan untuk jangka panjangnya akan berdampak pada kehidupan masa depan anak cucu kita, sebab limbah medis ini termasuk golongan limbah B3 yang sangat berbahaya, jika terus dibaikan tentunya kami sarankan agar pihak RSUD diberikan sanksi tegas,” tutup Ampera, kepada sumbartoday.com

Sumber : sumbartoday.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *